Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri yang Tersembunyi

Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri yang Tersembunyi - Kota yang terkenal dengan julukan kota tahu ini menyimpan sejumlah wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Selain air terjun Dolo dan air terjun Irenggolo masih ada lagi air terjun yang masih belum banyak diketahui wisatawan yakni air terjun Ngleyangan.

Air terjun yang juga dijuluki air terjun Sekartaji ini terletak di lereng Gunung Wilis yang berada di ketinggian 800 mdpl. Selain udaranya yang sejuk khas pegunungan, daya tarik dari air terjun Ngleyangan terdapat pada ketinggian air terjunnya sekitar 123 meter.
Air Terjun Ngleyangan
Air Terjun Ngleyangan

Lokasi Air Terjun Ngleyangan Kediri

Air terjun Ngleyangan berlokasi di Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Jika dari pusat kota Kediri berjarak sekitar 20 km.

Kunjungi juga : 12 Tempat Wisata di Kediri yang Sayang Dilewatkan

Akses dan Rute Menuju Air Terjun Ngleyangan

Akses menuju air terjun Ngleyangan cukup mudah karena bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum rutenya yaitu dari Kota Kediri naik bus 3/4 jurusan Nganjuk dan turun di Pasar Gringging. Kemudian naik angkudes atau ojek yang bisa ditemukan di depan pasar Gringging menuju Dusun Goliman, Desa Parang. Setelah sampai di Dusun Goliman, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki naik perbukitan sejauh 4 km mengikuti pipa air atau goresan cat karena belum ada petunjuk jalan yang jelas hingga tiba di lokasi air terjun Ngleyangan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Pasar Gringging ke arah barat menuju Dusun Goliman Desa Parang. Kendaraan biasanya di titipkan di rumah warga setempat karena masih minim fasilitas wisata. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan naik menyusuri perbukitan menuju air terjun Ngleyangan.

Baca juga : Obyek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Misteri di Air Terjun Ngleyangan

Di atas puncak air terjun Ngleyangan, anda bisa menjumpai sisa-sisa situs berupa sumur dan patung-patung Hindu yang konon katanya merupakan tempat hidup Mpu Brahmaraja bersama putrinya Dewi Amisani (Dandang Gendis). Mereka menempati beberapa waktu lamanya sampai akhirnya dijemput untuk pulang ke keraton Kediri untuk dinobatkan sebagai Raja Kediri yang bergelar Srikertajaya.

Setelah puas berwisata ke air terjun Ngleyangan, anda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata baru Kediri yaitu Kediri Waterpark. Lokasinya juga berada di pegunungan Wilis dan sejalur dengan lokasi wisata air terjun Dolo dan Irenggolo.