12+ Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Patut Dikunjungi

12+ Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Patut Dikunjungi - Kediri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal sebagai pusat perdagangan utama untuk produk gula dan industri rokok. Kota dengan julukan "Kota Tahu" ini rupanya juga terkenal dengan sejarah berdirinya kerajaan Kediri. Akan tetapi siapa sangka dibalik itu, Kediri memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Keindahan wisata alam Kediri kini mulai dikenal oleh banyak orang salah satunya adalah keindahan wisata alam Gunung Kelud. Tidak hanya wisata alamnya saja yang menarik dan bisa anda kunjungi. Masih ada banyak lainnya objek wisata Kediri yang meliputi wisata keluarga, sejarah, kuliner, hingga religi yang patut dikunjungi. Ingin tahu lebih lengkapnya, apa saja sih tempat wisata tersebut?

Berikut rangkuman tempat wisata di Kediri :


1. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Gunung Kelud
Sudah pernahkah anda ke Gunung Kelud? Gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata di Kediri favorit wisatawan. Selain itu, Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang masih aktif. Gunung ini terakhir meletus pada awal tahun 2014 yang lalu. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke gunung Kelud ini karena pemandangannya yang indah dan memukau. Mereka yang datang tidak hanya para pendaki saja, tapi juga wisatawan biasa. Selain itu, jalan menuju puncak gunung pun sudah baik dan mudah dilalui karena sudah beraspal. Hal menarik lainnya yaitu saat menuju puncak Kelud, anda akan melewati jalan yang dinamakan mysterious road. Di jalan ini, kendaraan bisa berjalan sendiri meski dalam kondisi netral atau mati. Tentunya fenomena unik dan aneh ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Gunung Kelud masuk dalam 3 wilayah yaitu berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Jika dari pusat Kediri berjarak sekitar 27 km dengan rute sebagai berikut :
Kediri - Kecamatan Pesantren - Kecamatan Wates - Kecamatan Ngancar- Desa Sugihwaras - Gunung Kelud.

2. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul
Kediri punya sebuah monumen yang mirip seperti monumen Arc de Triomphe yang ada di Paris, namanya adalah Simpang Lima Gumul (SLG). Bangunan ini dibangun tahun 2003 dan diresmikan tahun 2008. Meski terbilang baru, Monumen Simpang Lima Gumul sudah populer dan dikenal se-Indonesia. Monumen SLG seringkali menjadi tempat nongkrong di Kediri yang asyik. Selain itu, lokasinya juga cocok untuk hunting foto.

Nama simpang lima diambil karena berada di persimpangan 5 jalan yaitu Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren dan Plosoklaten. Monumen Simpang Lima Gumul berlokasi di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

3. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island
Foto: @gpiwaterpark_kediri
Gumul Paradise Island berlokasi di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul. Tempat wisata di Kediri yang satu ini cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Disini terdapat banyak wahana permainan dan hiburan yang seru diantaranya flying fox, speed slider, kolam renang dan lainnya. Gumul Paradise Island juga sudah dilengkapi fasilitas lengkap. Untuk harga tiket masuknya yaitu Rp 20.000 (orang dewasa) dan Rp 15.000 (anak-anak).

4. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo
Air terjun Dolo merupakan wisata air terjun di Kediri yang berada di pegunungan Wilis. Tepatnya berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Air terjun setinggi 125 meter ini berada di ketinggian sekitar 1800 meter dibawah permukaan laut. Untuk mencapai lokasi air terjun memang cukup melelahkan karena anda harus trekking dengan jalan yang cukup menanjak. Tak hanya itu, anda pun juga harus melewati turunan anak tangga yang panjang hingga tiba di air terjun.

Namun, semua itu akan dibayar lunas oleh keindahan air terjun Dolo. Selain bisa menikmati air terjun, anda juga bisa berkunjung ke kebun stroberi dan sayuran yang lokasinya tidak jauh dari air terjun Dolo. Disana, anda diperbolehkan memetik buah stroberi lho. Air terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata di Kediri yang tidak boleh dilewatkan.

5. Sumber Ubalan di Kediri

Sumber Ubalan
Sumber Ubalan
Jika anda mencari wisata yang berhubungan dengan alam bisa mengunjungi Sumber Ubalan. Ya, kawasan ini adalah kawasan hutan lindung yang bisa dijadikan tempat untuk menghilangkan penat sembari rekreasi. Disini ada banyak wahana permainan seperti kolam renang, sepeda air, kolam pancing, panggung hiburan dan lain-lain.

Sumber Ubalan berlokasi di Dusun Kalasan, Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

6. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng
Goa Selomangleng
Goa Selomangleng merupakan salah satu objek wisata di Kediri yang berada di kaki Gunung Klotok tepatnya berlokasi di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Konon, gua ini adalah tempat bertapa Dewi Kilisuci yang merupakan putri dari Raja Erlangga. Hal ini dibuktikan dengan adanya relief yang terdapat di dalam atau luar dinding goa. Selain memiliki nilai sejarah, wisata Goa Selomangleng juga menawarkan keindahan alam yang asri.

7. Candi Surowono

Candi Surowono
Candi Surowono
Lanjut ke wisata Pare Kediri, anda bisa mengunjungi sebuah candi bercorak Hindu bernama Candi Surowono. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 14 dengan tujuan untuk menghormati Raja Bhre Wengker yang merupakan raja dari kerajaan Wengker. Candi Sorowono berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

8. Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan
Air Terjun Ngleyangan
Air Terjun Ngleyangan termasuk tempat wisata tersembunyi di Kediri. Namun keberadaannya kini sudah mulai dikenal oleh wisatawan. Meski belum didukung fasilitas wisata yang memadai, keindahan air terjunnya tak kalah dengan air terjun Dolo. Air terjun yang juga dikenal dengan nama air terjun Sekartaji ini berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Air terjun ini berada di ketinggian 800 mdpl dengan tinggi air terjun sekitar 123 meter.

Kunjungi juga : 12 Tempat Wisata di Nganjuk yang Menarik Dikunjungi

9. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi
Candi Tegowangi
Satu lagi wisata Candi di Kediri yang bisa anda kunjungi yaitu Candi Tegowangi. Sesuai namanya candi ini berlokasi di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Pare Kediri.

Di halaman candi, anda akan menjumpai beberapa arca yaitu Ardhanari, Parwati, Garuda berbadan manusia dan sisa-sisa bangunan candi yang ada di sudut tenggara. Candi Tegowangi ini diyakini sebagai candi beraliran agama Hindu.

10. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo
Air Terjun Irenggolo
Tempat wisata menarik di Kediri selanjutnya yaitu air terjun Irenggolo. Air terjun Irenggolo berada di pegunungan Wilis dengan ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Lokasi air terjun Irenggolo sejalur dengan air terjun Dolo. Aliran air yang mengalir dari tebing-tebingnya setinggi 80 meter membentuk pemandangan alam yang indah. Udaranya yang dingin dan sejuk semakin membuat betah untuk berada di air terjun.

Air terjun Irenggolo berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

11. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark
Kediri Waterpark
Kediri Waterpark menawarkan berbagai wahana bermain air terbesar yang seru dengan dikelilingi alam pegunungan. Kediri Waterpark juga merupakan wahana wisata air terbesar di provinsi Jawa Timur. Selain itu, juga memiliki papan luncur paling panjang di Indonesia. Tentunya wisata Kediri ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Wahana permainan yang ada di Kediri Waterpark diantaranya water slide, kolam arus, kolam anak, kolam kaki, kolam plaza, jembatan koi, kolam tsunami, kolam kaki, kolam plaza, colosseum dan masih banyak lainnya.

Untuk tiket masuknya Rp 50.000 (Senin-Jum'at) dan Rp 70.000 (Sabtu, Minggu dan Hari Libur). Sedangkan untuk anak yang memiliki tinggi dibawah 120 cm akan mendapat harga khusus yaitu Rp 15.000. Kediri Waterpark berlokasi di Jl. Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

12. Arung Jeram Konto Rafting

Arung Jeram Konto Rafting
Arung Jeram Konto Rafting
Ingin berwisata yang mampu memicu adrenalin? Datang saja ke Dusun Brumbang, Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Disana terdapat wisata arung jeram di sungai Konto bernama Arung Jeram Konto Rafting.

Sungai Konto berada di perbatasan antara Kediri dan Malang. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras. Di wisata Arung Jeram Konto ini, anda akan diajak mengarungi sungai sepanjang 11 km dengan melewati 11 jeram. Tak hanya itu, di sepanjang jalan ,mengarungi sungai anda akan melihat pemandangan persawahan dan perbukitan yang asri.

13. Kampoeng Anggrek

Kampoeng Anggrek
Bunga Anggrek di Kampoeng Anggrek
Bagi anda pecinta bunga khususnya Anggrek, bisa datang ke wisata Kampoeng Anggrek yang berlokasi di Dusun Sumberputung, Desa Sempu, Kec. Ngancar, Kab. Kediri. Disini anda bisa melihat indahnya bunga Anggrek dan bunga-bunga lainnya yang ditempatkan di sejumlah green house. Tak hanya menikmati keindahan bunganya saja, anda bisa membeli bunga Anggrek yang telah dibudidayakan dengan harga terjangkau. Asyiknya lagi, anda juga bisa belajar cara budidaya dan mengenali tanaman Anggrek. Seru kan?

14. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah
Bukit Dhoho Indah
Tempat wisata di Kediri yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang ingin rekereasi bersama anaknya. Bukit Dhoho Indah atau juga dikenal dengan nama BDI Kediri ini menawarkan wisata alam yang dilengkapi dengan sejumlah wahana permainan dan kolam pemancingan. Selain itu, disini juga terkenal dengan wisata hammock nya yang gratis bagi anda yang ingin merasakan sensasi bergelantungan di pohon.

Wisata Bukit Dhoho Indah di Kediri ini tergolong masih masih baru dan sudah dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya kolam pancing, hammock,permainan anak, warung makan, gazebo dan lain-lainnya. Jika anda ingin datang ke Bukit Dhoho Indah Kediri, langsung saja menuju Desa Tiron, Kec. Banyakan, Kab. Kediri.

15. Bukit Kura-Kura Ongakan

Bukit Kura-Kura Ongakan
Bukit Kura-Kura Ongakan
Bukit Ongakan merupakan salah satu dari sejumlah tempat wisata di Kediri yang menawarkan pemandangan alam pegunungan yang merupakan sisi lain dari Gunung Kelud. Di puncak yang berada di ketinggian sekitar 860 mdpl ini, anda bisa melihat gugusan bukit yang berjajar mirip seperti punggung kura-kura. Oleh karena itu dinamakan Bukit Kura-Kura. Selain itu, panorama lainnya yang tak kalah indah saat berada di puncak Onga'an adalah pemandangan waduk selorejo dan puncak Gunung Kelud.

Bukit Kura-Kura Ongakan terletak di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat yang satu ini akhir-akhir ini memang sedang hits.

16. Pohsarang

Pohsarang Kediri
Foto: @ayuuhera
Tempat yang dikenal dengan nama Goa Maria Pohsarang ini memiliki spot menarik yang wajib dikunjungi. Kawasan Goa Maria Pohsarang berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pasar Semen Kediri atau Terminal Tamanan Kediri ke arah barat kurang lebih 1 km.

17. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG
Foto: @minatikartika
Tahukah anda disekitar SLG (Simpang Lima Gumul) ada taman baru lho? Namanya Taman Hijau SLG. Ya seperti pada umumnya taman, disini anda bisa bersantai bersama teman maupun keluarga sambil menikmati pemandangan Monumen SLG yang memang lokasinya masih satu wilayah.

Tidak ketinggalan juga bagi anda yang suka foto-foto. Taman SLG ini bisa menjadi tempat yang pas untuk berfoto karena terdapat beberapa spot yang menarik. Langsung saja datang ke taman ini ya, lokasinya tidak jauh dari monumen SLG. hehe.

18. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari Kediri
Foto: @prakosojo
Mungkin air terjun Bidadari ini masih belum begitu populer dikalangan wisatawan. Air terjun yang juga disebut dengan nama air terjun Peri-Peri ini mulai dikenal berkat pengguna media sosial yang mengupload foto-foto menarik dari Air Terjun Bidadari.

Nah, untuk lokasinya masih satu wilayah dengan watu jagul dan makam tanmalaka tepatnya di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Rutenya jika dari Hotel Selopanggung ke selatan sampai ada pertigaan desa selopanggung kebarat sekitar 1 km. Nantinya di kanan jalan akan ada plang Batu Jagul, Air Terjun dan Makam Pahlawan Tan Malaka.

19. Istana Jambu

Istana Jambu
Foto: @dewi.anggia
Ada lagi tempat wisata baru di Kediri yang akhir-akhir ini lagi hits yaitu Istana Jambu. Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah agrowisata tapi sedikit berbeda pada agrowisata umumnya. Di Istana Jambu Kediri ini terdapat taman-taman indah yang di desain sedemikian unik. Seperti namanya Istana Jambu, disini terdapat banyak tanaman dan buah jambu.

Akses jalan menuju wisata Istana Jambu cukup mudah dan bisa dilalui kendaraan motor maupun mobil, jadi anda tidak perlu khawatir. Untuk lokasinya berada di Jl. Raya Kediri - Nganjuk No. 108. Letaknya sebelah Koramil Grogol tepatnya di Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri.

20. Kampung Inggris

Kampung Inggris di Pare Kediri
Kampung Inggris di Kediri
Liburan di Kediri kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Kampung Inggris di Pare. Disini, anda akan menjumpai orang-orang yang aktif berbicara dengan bahasa Inggris. Tak hanya para pelajarnya saja yang berbahasa Inggris, semua orang di Kampung Inggris ini bahkan sampai penarik becak juga bicara menggunakan bahasa Inggris. Nah, bagi anda yang ingin belajar bahasa Inggris secara aktif bisa mondok di kampung ini ya.

Terdapat sekitar 146 tempat kursus disini. Pada saat liburan sekolah atau libur kuliah, Kampung Inggris akan ramai dikunjungi banyak orang. Mereka yang datang kebanyakan ingin belajar bahasa Inggris. Tak hanya warga dari Kediri saja tapi juga dari daerah lainnya.

21. Taman Wisata Pagora

Taman Wisata Pagora di Kediri
Taman Wisata Pagora di Kediri, fb.com/dinda.juanita
Pagora merupakan salah satu objek wisata keluarga yang terletak dekat dengan stadion Brawijaya Kediri. Untuk menemukan lokasinya sangat mudah dan bisa ditempuh dari arah mana pun.

Taman wisata Pagora juga merupakan yang pertama sebagai tempat wisata sekaligus kolam renang di Kediri sejak tahun 1963. Suasananya yang sejuk dan nyaman sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak. Ada banyak fasilitas yang tersedia diantaranya kolam renang, kolam pancing, mandi bola, perahu bebek, kereta kelinci, dan masih ada banyak lainnya. Biaya tiket masuknya pun juga murah dan setiap hari libur biasanya akan ada pentas seni dan pentas musik yang tentunya bisa anda nikmati.

22. Taman Wisata Tirtoyoso Park

Taman Wisata Tirtoyoso Park di Kediri
Taman Wisata Tirtoyoso Park di Kediri, @nonidaffa
Tidak berbeda dari wisata Pagora, Taman Tirtoyoso juga merupakan waterpark yang menjadi salah satu tempat rekreasi di Kediri Jawa Timur. Lokasi taman Tirtoyoso ada di jalan Ahmad Yani atau bersebelahan dengan stadion Brawijaya serta tidak jauh dari wisata Pagora.

Berada di pusat Kota Kediri dengan luas area sekitar 7,8 hektar, taman ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas termasuk kolam renang. Suasanan disini juga teduh dan nyaman dengan kebersihan dan keamanan yang terjamin.

23. Kampung Indian

Kampung Indian di Kediri
Kampung Indian di Kediri, @yenny_sari10
Indian Village atau Kampung Indian merupakan salah satu tempat wisata baru yang lagi hits di Kediri. Orang-orang yang datang kesini tidak hanya akan menemukan tenda-tenda yang mirip seperti masyarakat indian tapi bisa juga memakai topi khas suku Indian yang dihiasi bulu unggas dan merak yang menjuntai.

Kampung Indian di Kediri ini memiliki luas lahan sekitar 0,56 hektar dengan dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya kolam renang, rumah pohon, area outbound, spot foto dan lainnya. Jika anda ingin datang ke wisata di Kediri yang satu ini, langsung saja menuju ke Desa Sempu, Kec. Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

24. Taman Kelir

Taman Kelir
Foto: @meymey_tryas17
Taman Kelir akhir-akhir ini juga menjadi perburuan para wisatawan. Taman Kelir ini merupakan sebuah taman rekreasi yang tentuya sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Di kawasan taman ini biasanya juga digunakan untuk kegiatan outbound.

Udaranya yang sejuk ditambah suasana yang tenang semakin menambah pengunjung betah berlama-lama disini. Taman Kelir berlokasi di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Lokasinya searah menuju Sumber Podang Kediri.

25. Bukit Gandrung Tanggulasi

Bukit Gandrung Tanggulasi
Foto: @sheen27_
Bukit Gandrung Tanggulasi ini saat ini lagi populer di sosial media. Lokasinya berada di Desa Medowo, Kec. Kandangan, Kab. Kediri, Jawa Timur.

Di bukit dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut ini, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah yaitu berupa perbukitan, Gunung, area persawahan hingga agrowisata durian dan manggis.

26. Rafting Gronjong Wariti

Rafting Gronjong Wariti
Foto: @bayugallih_
Selain arung jeram di Konto Rafting, Anda juga bisa mencoba rafting di Gronjong Wariti Plemahan Kediri. Biayanya Rp 25 ribu/orang dengan panjang lintasan sekitar 2 km. Tertarik untuk mencobanya langsung saja datang ke Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kediri yang wajib anda kunjungi bersama keluarga, teman, maupun orang-orang tercinta. Setelah dari Kediri, anda bisa menengok wisata kota sebelahnya yaitu Tulungagung. Kunjungi 23 Tempat Wisata Populer di Tulungagung.