Wisata Paralayang Batu Malang yang Seru dan Menantang

Wisata Paralayang Batu Malang yang Seru dan Menantang - Kota Batu Malang terkenal memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Selain Museum Angkut, Jatim Park 1 dan 2, air terjun Coban Rondo masih ada lagi tempat yang seru dan menantang yaitu wisata paralayang.

Ya, olahraga terbang bebas dengan bantuan semacam parasut ini bisa anda temukan di Gunung Banyak, Batu, Malang dengan ketinggian sekitar 1.315 mdpl. Selain memberikan tantangan yang memicu adrenalin, anda bisa melihat keindahan alam kota Batu Malang sambil merasakan sensasi terbang dari atas ketinggian. Tentu dengan mencoba paralayang akan menjadi suatu pengalaman yang berkesan.

Wisata Paralayang di Batu Malang

Paralayang di Batu Malang ini terdiri dari dua lokasi yaitu lokasi pemberangkatan di daerah Gunung Banyak dan lokasi pendaratan di daerah Songgoriti. Paralayang ini bisa dinikmati oleh semua orang mulai dari umur 14 - 60 tahun. Untuk anak usia dibawah 17 tahun harus dengan izin orang tuanya.

Selain banyak dikunjungi oleh wisatawan, lokasi paralayang di Gunung Banyak ini juga biasa digunakan oleh atlit paralayang untuk latihan atau bahkan kompetisi. Jadi, anda juga bisa menikmati atraksi seru dari para atlit paralayang.

Lokasi Paralayang Batu Malang

Paralayang Batu Malang berlokasi di Jl Gunung Banyak, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Malang.
Keindahan Kota Batu Waktu Malam Hari

Rute Menuju Paralayang Batu Malang

Ada dua jalur untuk menuju ke lokasi paralayang Batu yakni:
Jalur Pertama :
  • Dari Kota Batu menuju arah ke Kecamatan Pujon
  • Lalu setelah sampai di Desa Songgokerto pilih arah kanan ke Songgoriti melewati jalan Arumdalu.
  • Setelah sampai di pemukiman yang berada di atas gunung setelah hutan pinus jalan pelan – pelan karena sekitar 100 meter sebelum jalan raya akan ada pertigaan gang kecil.
  • Dari pertigaan tersebut belok ke kanan dan ikuti arah petunjuk menuju wisata Paralayang Batu.
  • Setetah membayar biaya tiket masuk, Anda bisa memarkir kendaraan hingga sampai ke puncak gunung.

Jalur Kedua
  • Dari alun- alun Batu ke arah Pujon
  • Sesampainya di sekitar Songgoriti tidak belok ke kanan, tapi terus melewati kawasan Payung.
  • Setelah tiba di pertigaan Pujon akan ada petunjuk jalan ke kanan yakni ke arah paralayang.
  • Selanjutnya belok kanan setelah sekitar 100 meter masuk gang belok ke kiri.
  • Ikuti jalan sampai tiba di loket masuk tempat wisata Paralayang.
Omah Kayu di Paralayang Batu

Fasilitas di Paralayang Batu Gunung Banyak

Bagi pengunjung yang ingin menginap di lokasi sekitar Paralayang, terdapat fasilitas penginapan bernama Omah Kayu atau juga disebut rumah pohon. Sesuai namanya Omah Kayu ini merupakan rumah yang terbuat dari kayu dan berada di di atas pohon. Dengan biaya Rp 250.000 - Rp 350.000 per malam, anda sudah bisa menikmati rasanya menginap di rumah pohon. Selain penginapan, terdapat juga fasilitas lainnya diantaranya warung makanan, tempat parkir, toilet dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Paralayang Batu

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata paralayang Batu, anda akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000. Sedangkan untuk harga wisata paralayangnya berkisar antara Rp 350.000 - Rp 600.000 tergantung paket yang anda pilih. Dengan harga wisata paralayang tersebut, anda sudah akan mendapatkan layanan tandem bersama master tandem berlisensi nasional.

Wisata paralayang Batu buka mulai dari jam 7 pagi - jam 5 sore.
Wisata Paralayang Batu Malang

Tips Berkunjung ke Paralayang Batu Malang

• Sebaiknya menggunakan pakaian yang tebal karena di Gunung Banyak udaranya cukup dingin dan berangin.
  • Kendaraan harus dalam kondisi baik karena karena jalan yang akan dilalui cukup menanjak dan berkelok.
  • Sebelum ke puncak, sebaiknya mampir ke toilet terlebih dahulu karena toilet di lokasi paralayang tidak selalu ada airnya.