Obyek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur yang Memikat

Obyek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur - Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Letak gunung Kelud ini mencakup tiga wilayah yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Kediri.
Obyek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur
Obyek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Obyek Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud kini telah menjadi obyek wisata Kabupaten Kediri dengan menyuguhkan atraksi utama kubah lava. Anda bisa melihat kubah lava dari gardu pandang yang ada di Puncak Gajah Mungkur. Saat malam akhir pekan, pemandangan kubah lava akan semakin menarik karena diberi lampu warna-warni. Selain bisa menikmati atraksi kubah lava, di wisata gunung Kelud juga menawarkan pemandian air panas, flying fox, wisata malam anak gunung Kelud, menikmati sunrise di Puncak Gajah Mungkur dan panjat tebing di puncak Sumbing.

Lokasi dan Akses Wisata Gunung Kelud

Untuk menuju kawasan wisata Gunung Kelud terbilang mudah karena hanya ada satu jalur, yaitu melalui Kecamatan Ngancar, Kediri. Akses jalan menuju wisata Gunung Kelud pun cukup mulus meski jalannya sempit. Di sepanjang perjalanan, anda bisa melihat pemandangan indah berupa ladang, lembah, dan bukit hijau. Namun tanaman Nanas adalah yang paling dominan dijumpai di sepanjang perjalanan.
Aliran Air Panas Wisata Gunung Kelud
Aliran Air Panas Wisata Gunung Kelud
Tentunya, untuk bisa menikmati obyek wisata di kawasan Gunung Kelud ini dibutuhkan kaki yang kuat karena harus melewati banyak anak tangga. Kalau anda mendaki ke Puncak Gajah Mungkur, maka mendaki sekitar 492 buah anak tangga. Sedangkan jika ingin menikmati aliran air panas harus mendaki sekitar 1.000 buah anak tangga.

Mysterious Road di Gunung Kelud

Saat menuju ke puncak Kelud, anda akan melewati jalan bernama Mysterious Road. Dinamakan Mysterious Road karena disitu ada fenomena unik dan aneh yaitu kendaraan bisa berjalan mendaki meskipun kendaraan dinetralkan atau dimatikan. Untuk lebih mudah dalam pembuktiannya, anda bisa menaruh sebuah botol air mineral dengan posisi tertidur dan taruh botol tersebut di posisi jalan paling rendah di lokasi Mysterious Road. Lalu anda lihat, perlahan-lahan botol air mineral tersebut akan menggelundung naik. Unik dan aneh kan?

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Kelud

Untuk memasuki kawasan obyek wisata Gunung Kelud, pengunjung dikenakan tarif sebesar 8.000 Rupiah pada hari biasa dan 10.000 Rupiah pada hari libur. Sedangkan untuk tarif masuk kendaraan motor sebesar 1.000 Rupiah dan 2.000 Rupiah untuk mobil.

Penginapan di sekitar kawasan Gunung Kelud

Ada banyak penginapan berupa guest house yang bisa dijumpai di Desa Kepung, Kecamatan Ngancar. Untuk tarifnya sekitar 100.000 Rupiah hingga 150.000 Rupiah. Di kawasan wisata Gunung Kelud terdapat sebuah aula besar yang biasanya juga digunakan untuk menginap bagi mereka pengunjung yang memiliki budget terbatas.

Tips Berwisata ke Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud
Wisata Gunung Kelud
  • Jalan menuju Gunung Kelud cukup curam dan berkelok-kelok. Sebaiknya bunyikan klakson setiap akan melalui tikungan untuk memberitahu pengendara dari arah berlawanan.
  • Sebaiknya pakai pakaian tebal dan penutup kepala karena suhu udara di kawasan Gunung Kelud berkisar antara 5 hingga 20 derajat Celcius. Siapkan juga sandal gunung atau sepatu ringan agar nyaman saat mendaki anak tangga.
  • Sebaiknya datang saat sore hari agar bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Dan saat malam harinya pengunjung bisa menyaksikan Anak Gunung Kelud yang menarik dengan gemerlap cahaya lampu.
  • Pengunjung bisa memilih menginap di aula dan berangkat ke Puncak Gajah Mungkur jam pagi untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Setelah puas menikmati pemandangan, bisa dilanjutkan ke aliran air panas.
  • Ada banyak warung-warung di sekitar lokasi parkir menyediakan berbagai makanan. Saat hendak pulang, pengunjung bisa mampir dulu untuk menikmati kuliner khas, yaitu sate bekicot.
Nah, itulah sekilas mengenai wisata Gunung Kelud. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungi juga tempat wisata di Kediri lainnya ya.