22 Tempat Wisata di Nganjuk yang Terkenal Indah

Tempat Wisata di Nganjuk yang Terkenal Indah - Nganjuk merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan sejumlah Kabupaten di Jawa Timur diantaranya Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Kediri dan Ponorogo di selatan, Kabupaten Jombang di Timur serta Kabupaten Madiun di Barat. Nama Nganjuk memang tidak sepopuler kota Malang atau Surabaya. Namun dari segi pariwisata, Nganjuk memiliki potensi yang tidak kalah.

Kota yang terkenal dengan julukan "Kota Angin" ini menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik yang kebanyakan di dominasi wisata alam. Salah satu yang paling terkenal adalah air terjun Sedudo. Namun tak hanya itu saja, masih banyak objek wisata lain di Nganjuk yang patut anda kunjungi.

Berikut rangkuman tempat wisata di Nganjuk yang terkenal:


1. Air terjun Sedudo

Air terjun Sedudo
Air terjun Sedudo
Air terjun Sedudo merupakan air terjun sekaligus menjadi tempat wisata di Nganjuk yang paling populer. Air terjun setinggi 105 meter ini terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Disini, anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang indah dengan hawa khas pegunungan.

Selain terkenal dengan pamandangan alam air terjunnya yang indah, air terjun Sedudo juga terkenal dengan mitosnya yang diyakni warga setempat bisa membuat awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut pada bulan Suro. Mitos ini konon sudah ada sejak zaman Majapahit.

Pada setiap Tahun Baru Jawa, lokasi air terjun Sedudo sering digunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista dan sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar bisa berkah keselamatan dan awet muda. Bahkan sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo ini tiap tanggal 1 Suro.

2. Air Terjun Merambat Roro kuning

Air Terjun Merambat Roro kuning
Air Terjun Merambat Roro kuning
Air terjun Roro Kuning atau juga disebut air Merambat Roro Kuning ini berlokasi di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Jika membahas air terjun di Bajulan ini, saya menjadi teringat pengalaman ikut Kediri-Bajulan atau juga disebut napak tilas Jenderal Soedirman yang perjalanannya ditempuh dengan jalan kaki dari Kediri sampai Bajulan, Nganjuk. Jadi, lokasi air terjun Roro Kuning tidak begitu jauh dari monumen perjuangan Jenderal Soedirman.

Air Terjun Roro Kuning berada di ketinggian 600 meter di bawah permukaan air laut dan memiliki tinggi sekitar 15 meter. Seperti namanya, "Merambat" air terjun ini tidak seperti air terjun pada umumnya yang airnya jatuh dari tempat tinggi. Air terjun Roro Kuning airnya hanya merambat atau mengalir di sela-sela bebatuan.

3. Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno
Goa Margo Tresno
Goa Margo Tresno berlokasi di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, berjarak sekitar 35 km arah utara kota Nganjuk. Selain menawarkan wisata goa disekitarnya juga disuguhi pemandangan pegunungan yang masih segar dan alami. Tak hanya itu, juga ada sumber mata air alami yang jernih dengan dilengkapi fasilitas berupa kolam renang dan pusat kuliner.

Di kawasan Goa Margo Tresno juga masih ada lagi goa-goa lainnya seperti terhubung satu sama lain. Di Goa ini biasa digunakan untuk berbagai ritual.

4. Candi Ngetos

Candi Ngetos
Candi Ngetos
Candi Hindu peninggalan zaman kerajaan Majapahit yang berlokasi di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Nganjuk ini diperkirakan dibuat pada abad XV. Candi ini dibuat untuk tempat pemakaman raja Hayam Wuruk Majapahit. Candi Ngetos terbuat dari bahan batu bata merah dan bangunannya secara fisik sudah ada yang rusak.

5. Candi Lor

Candi Lor
Candi Lor
Wisata Candi lainnya di Nganjuk yaitu Candi Lor. Candi berlokasi di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Diperkirakan candi dibuat sekitar tahun 937 Masehi dengan terbuat dari batu bata merah. Candi ini juga menjadi simbol berdirinya kota Nganjuk. Di sekitar Goa Lor udaranya sejuk dan masih asri. Tempat wisata di Nganjuk ini patut untuk dikunjungi.

6. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Taman Rekreasi Anjuk Ladang
Taman Rekreasi Anjuk Ladang
Taman yang berada di sekitar stadion olahraga Anjuk Ladang ini merupakan taman yang rindang dan sejuk. Di taman ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang wisata seperti Jogging track dan perkemahan. Selain itu juga ada koleksi hewan-hewan. Taman Rekreasi Anjuk Ladang sangat cocok untuk wisata keluarga

7. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo
Air Terjun Singokromo
Tempat wisata di Nganjuk selanjutnya yaitu air terjun Singokromo. Sama seperti air terjun umumnya yan berhawa sejuk, air terjun Singokromo memiliki tinggi sekitar 20 meter. Lokasi air terjun Singokromo ini tidak berada jauh dari air terjun Sedudo tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Akses menuju ke air terjun ini cukup sulit karena memang masih belum dikelola oleh pemerintah Kabupaten Nganjuk.

8. Air Terjun Ngebleng

Air Terjun Ngebleng
Air Terjun Ngebleng
Air terjun indah selanjutnya yaitu Air terjun Ngebleng. Air terjun ini berada di perbatasan Jombang dan Nganjuk tepatnya berlokasi di Dusun Tondowesi Lor/Utara(Ndosie), Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk. Air terjun Ngebleng masih alami dan juga belum dikelola oleh pemerintah setempat sehingga tidak dikenakan tiket masuk.

9. Grojogan Duwur Sumbermiri

Grojogan Duwur Sumbermiri
Grojogan Duwur Sumbermiri
Grojogan Dhuwur belum begitu diketahui masyarakat luas sehingga termasuk tempat wisata di Nganjuk yang tersembunyi. Grojogan Dhuwur dikenal dengan Waterboom alam yang berlokasi di Desa Sumbermiri, lingkungan Lengkong, Nganjuk berada di kawasan hutan BKPH Krondong KPH Jombang.

Dissini, anda akan menjumpai batu kapur seperti baskom berisi air berwarna hijau yang bisa digunakan untuk berenang. Mungkin ini yang disebut dengan waterboom alami karena kolam tersebut terbentuk secara alami.

10. Air Terjun Sumber Manik

Air Terjun Sumber Manik
Air Terjun Sumber Manik
Air terjun Sumber Manik terbilang tempat wisata baru di Nganjuk karena baru ditemukan sekitar Januari tahun 2016. Kondisi air terjun ini masih alami dan belum tersentuh modernisasi. Keindahannya tidak hanya pada air terjunnya saja, namun pemandangan sekitarnya yang indah karena berada di lereng Gunung Wilis. Air terjun Sumbermanik memiliki tinggi sekitar 35 meter dan air terjunnya bercabang dua. Air terjun Sumber Manik berlokasi di Desa Klodan, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

11. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis
Taman Pandan Wilis
Taman Pandan Wilis resmi dibuka tahun 2015 yang lalu. Nama dari taman ini sendiri diambil dari nama pegunungan Wilis yang ada di daerah Nganjuk. Di taman ini tidak hanya menawarkan suasana tenang, tapi juga menawarkan kenyamanan bagi mereka yang berkunjung dengan adanya tempat-tempat duduk. Taman Panadan Wilis sering digunakan warga sekitar untuk menghabiskan waktu di sore hari sambil menikmati pemandangan kota. Taman Pandan Wilis berlokasi di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk Kota, Kabupaten Nganjuk.

12. Bukit Batu Songgong atau Bukit Batu Ngroto

Bukit Batu Songgong atau Bukit Batu Ngroto
Bukit Batu Songgong atau Bukit Batu Ngroto
Tak hanya Bukit Cinta di Ungaran Jawa Tengah saja yang indah, di Nganjuk juga ada yang namanya Bukit Batu Songgong atau juga disebut Bukit Batu Ngroto. Bukit ini berlokasi di Dukuh Ngroto, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Bukit Batu Songgong menawarkan panorama khas pegunungan Wilis yang indah dan segar. Tempat wisata di Nganjuk ini sangat cocok untuk anda yang gemar selfie.

13. The Legend Water Park

The Legend Water Park
The Legend Water Park
The Legend Water Park menawarkan berbagai wahana permainan air dan kolam renang. Wisata air disini diantaranya Kolam Ombak, Racing Slide, Lazzy River, Spiral Slide, Kids Pool, BIoskop 4D, KIos Souvenir, Kolam Renang Standart Internasional, Panggung Hiburan, Food Court, Futsal, Rumah Hantu, dan lainnya.

Dilengkapi sejumlah wahana permainan yang seru, tentunya tempat wisata di Nganjuk ini sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga. Lokasi The Legend Water Park sangat mudah ditemukan dan strategis karena terletak di pinggir jalan raya Surabaya - Solo yakni sekitar 5 km ke arah barat Kecamatan Kertosono.

14. Pura Kerta Bhuwana

Pura Kerta Bhuwana
Pura Kerta Bhuwana, Foto: @galuhas08
Pura di Nganjuk ini merupakan salah satu Pura tertua di Pulau Jawa. Pura Kerta Bhuwana berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Dusun Cukrik, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Suasana khas pegunungan di sekitar Pura, cocok untuk ngadem sejenak sambil relaksasi merasakan hawa segar pegunungan. Selain itu, arsitektur Pura yang menawan juga cocok untuk diabadikan dalam sebuah foto.

15. Embung Estumulyo

Embung Estumulyo
Embung Estumulyo, Foto: @cindydewati
Embung Estumulyo menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Nganjuk yang menarik untuk dikunjungi meskipun hanya sekedar melihat-lihat pemandangan alam dan waduk. Embung Estumulyo berlokasi di Desa Bulurejo, kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Jika dari pusat Kota Nganjuk berjarak sekitar 25 km. Kecamatan Sawahan ini merupakan daerah pegunungan sehingga udara disana sangat sejuk.

Akses jalan menuju Embung Estumulyo ini pun terbilang mudah karena sudah beraspal dan bisa dilalui motor maupun mobil. Mengingat Embung ini belum dikelola sebagai tempat wisata, maka pengunjung yang datang kesini belum dikenakan biaya tiket masuk atau masih gratis.

16. Waduk Perning

Waduk Perning
Waduk Perning, Foto: @akbar.illahi
Waduk Perning mungkin belum terlalu dikenal wisatawan, namun tak ada salahnya mampir kesini untuk melihat keindahan dari Waduk Perning. Panorama disini juga cocok untuk anda pecinta alam yang gemar selfie. Lokasinya berada di Desa Perning, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk. Berjarak sekitar 35 km arah tenggara jika dari pusat Kota Nganjuk.

17. Air Terjun Gedangan

Air Terjun Gedangan
Air Terjun Gedangan, Foto: @wiwin182
Air terjun Gedangan di Nganjuk ini masih sangat alami. Meski tinggi air terjunnya hanya sekitar 4 meter saja namun airnya sangat jernih sehingga cocok untuk berendam dan bermain air. Akses menuju ke air terjun Gedangan masih cukup sulit karena jalannya sempit dan berkelok-kelok sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda 2. Tiket masuknya pun juga gratis. Air terjun Gedangan berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

18. Watu Lawang

Watu Lawang Sawahan Nganjuk
Watu Lawang, Foto: fb.com/ipan.kurniawan.98284
Bukit Watu Lawang atau juga disebut Bukit Lawang berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Letaknya di sebelah pintu masuk karcis air terjun sedudo. Selama perjalanan menuju Watu Lawang, anda akan disuguhi pemndangan indah berupa hamparan persawahan dan perbukitan yang hijau. Tentunya tempat wisata di Nganjuk ini sangat cocok untuk melepas penat.

19. Tubing PTA Margopatut

Tubing Margopatut
Tubing di Petung Ulung Adventure, Foto: @kampung_wisata_nganjuk
Suka kegiatan yang menguji adrenalin? Jika iya, wisata Nganjuk ini wajib anda coba yaitu PTA (Petung Ulung Adventure). Lokasinya berada di Dk. Petungulung Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Lokasinya mudah ditemukan karena dekat dengan jalan raya sekitar 100 meter dan sudah ada petunjuk jalannya.

20. Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis
Sendang Putri Wilis, Foto: @anandaayuj
Sendang Putri Wilis berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Lokasinya tidak jauh dari air terjun Singokromo berjarak sekitar 200 meter. Kondisi alam sekitar yang masih asri dan alami serta suasana khas lereng pegunungan semakin menambah betah berada disini. Anda bisa berendam sambil relaksasi karena airnya sangat jernih.

21. Air Terjun Pring Jowo

Air Terjun Pring Jowo
Air Terjun Pring Jowo, Foto: @rizkiadi_19
Terdapat tempat wisata di Nganjuk lainnya yang tidak kalah menariknya dengan Air Terjun Sedudo, dan juga berada di kaki Gunung Wilis yaitu Air Terjun Pring Jowo. Objek wisata yang berlokasi di Dusun Salam Judeg, Desa Blongko ini memang baru dikenalkan. Letaknya kira-kira 10 km dari kantor Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Air Terjun Pring Jowo masuk di kawasan Hutan Pring Jowo, Gunung Wilis.  Disini terdapat 2 buah air terjun yaitu Air Terjun Pring Jowo Ngandhap (bawah) dan air terjun Pring Jowo Inggil (atas). Untuk Air Terjun Pring Jowo Ngandhap tingginya sekitar 18 meter. Sedangkan Air Terjun Pring Jowo Inggil tingginya sekitar 30 meter dengan berbentuk zig-zag atau berkelok.

22. Coban Unut

Coban Unut
Coban Unut, Foto: @wisatakabupatennganjuk
Pernah dengar Coban Unut di Nganjuk? Mungkin masih terdengar asing karena air terjun ini masih terbilang baru dan rencananya akan dikembangkan sebagai objek wisata Nganjuk oleh pemerintah setempat. Lokasi Air Terjun Coban Unut masuk dalam wilayah RPH Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Nah itulah Daftar tempat wisata di Nganjuk yang bisa anda kunjungi. Anda juga bisa berwisata ke Gunung Kelud Kediri yang lokasinya tidak terlalu jauh karena Nganjuk dan Kediri bertetangga hehe.