Keindahan Alam Wisata Curug Muara Jaya Majalengka

Keindahan Alam Wisata Curug Muara Jaya Majalengka - Di daerah Majalengka, Jawa Barat ada objek wisata yang menarik dikunjungi yaitu Curug Muara Jaya. Curug yang juga dikenal dengan Curug Apuy ini memiliki 2 tingkat air terjun yang tinggi keseluruhannya mencapai 73 meter. Tingkat air terjun yang pertama ketinggiannya sekitar 60 meter dan tingkat yang kedua setinggi 13 meter.

Di kawasan Curug Muara Jaya udaranya sejuk dan banyak hamparan kebun palawija serta sayur-mayur. Selain menikmati keindahan alam air terjun, jika beruntung anda bisa menyaksikan upacara Pareresan oleh masyarakat sekitar yang biasanya dilakukan setelah panen raya pada tiap tahunnya.
Curug Muara Jaya Majalengka
Curug Muara Jaya

Lokasi Curug Muara Jaya Majalengka

Lokasi Curug Muara Jaya termasuk dalam wilayah Kecamatan Argapura tepatnya di Desa Argomukti, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Akses dan Rute Menuju Curug Muara Jaya

Perjalanan menuju Curug Muara Jaya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika dari kota Majalengka menuju Maja kemudian menuju Desa Arga Lingga. Setibanya di Desa Arga Lingga akan ada pertigaan yang jika belok kiri ke Rajagaluh dan belok kanan ke desa Argomukti. Namun anda harus hati-hati karena kondisi jalannya masih sempit dengan kondisi aspal kurang baik dan naik turun.

Sedangkan jika menggunakan angkutan umum dari kota Majalengka naik angkot jenis elf atau L-300 menuju Maja. Setelah sampai di Maja turun di dekat pasar dan cari pertigaan yang berada persis di sebelah terminal bus Maja untuk naik angkutan mobil sejenis pickup yang biasa digunakan warga mengangkut penumpang dan sayur hasil panen. Ongkos naiknya Rp 3.000 hingga tiba di pelataran kompleks curug Muara Jaya. Anda juga bisa menggunakan ojek dengan ongkos Rp 8.000 hingga sampai di lokasi curug.

Fasilitas di Curug Muara Jaya

Terdapat beberapa fasilitas di kawasan wisata Curug Muara Jaya diantaranya warung makanan, ruang camping ground, area parkir, tempat peristirahatan, wc, musholla serta taman bermain anak-anak. Tidak jauh dari lokasi Curug terdapat bumi perkemahan.

Baca juga : Wisata Kebun Teh Cipasung Majalengka

Harga tiket Masuk Curug Muara Jaya Majalengka

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Curug Muara Jaya Majalengka, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 7.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 5.000 dan roda empat Rp 15.000. Bagi anda yang ingin berkemah di area bumi perkemahan harga karcisnya menjadi Rp 10.000.

Di Jawa Barat juga ada curug lainnya yang bisa anda kunjungi salah satunya Curug Cibeureum di Cibodas. Keindahannya juga tak kalah dengan curug Muara Jaya.