Pesona Alam Curug Cibeureum Cibodas yang Indah

Pesona Alam Curug Cibeureum Cibodas yang Indah - Berwisata alam memang selalu mengasyikkan terlebih bersama teman maupun keluarga. Selain wisata kebun teh cipasung, Jawa Barat juga memiliki wisata alam berupa air terjun yang menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Curug Cibeureum di Cibodas. Curug yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini menawarkan kesegaran dan panorama alam cantik yang cocok sebagai tempat untuk menghilangkan penat.

Saat perjalanan menuju ke lokasi Curug Cibeureum, pengunjung akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan eksotis. Jalan yang menanjak dengan undakan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat menjadi suatu daya tarik tersendiri dari Curug Cibeureum Cibodas ini.

Di sekitar Curug Cibereum, anda juga akan menjumpai air terjun lainnya yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Namun yang paling besar adalah Curug Cibereum. Ketiga curug ini berada di ketinggian sekitar 1.675 meter dari permukaan laut. Kecantikan dan kealamian yang masih terjaga membuat air terjun ini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.
Curug Cibeureum Cibodas
Curug Cibeureum di Cibodas

Lokasi Curug Cibeureum Cibodas

Curug Cibeureum berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) Cibodas yakni tepatnya terletak di Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Mitos Curug Cibeureum Cibodas

Dinamakan Cibeureum karena dahulu konon katanya air yang dialirkannya berwarna merah. Ci dalam bahasa Sunda berarti air dan beureum dalam bahasa Sunda berarti merah. Asal warna merah ini dari dinding tebing curug yang ditumbuhi lumut merah sehingga bila terkena sinar matahari, warna air pun berubah menjadi merah.

Selain mitos air yang berwarna merah tersebut, masih ada juga mitos lainnya yaitu warga setempat meyakini dahulu ada seorang pertapa sakti yang sedang melakukan ritual atau bertapa.  Dikarenakan bertapanya sangat lama akhirnya pertapa tersebut berubah menjadi batu. Konon batu besar yang berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum adalah perwujudan dari seorang pertapa sakti tersebut.

Rute Jalan Menuju ke Curug Cibeureum Cibodas

Jika dari pintu masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango maka untuk sampai di lokasi air terjun Cibeureum berjarak sekitar 2,7 km karena perjalanan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Di sepanjang perjalanan menuju curug Cibeureum ini, anda akan menemukan beberapa tempat yang menarik dan beberapa tempat peristirahatan (pos) yang memang sengaja dibangun oleh pengelola wisata. Setelah berjalan sekitar 30 menit dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, anda akan menjumpai pos pertama. Di pos ini tersedia pusat informasi, tempat istirahat, dan toilet.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju ke pos kedua yang terletak di dekat Telaga Biru. Telaga ini airnya berwarna biru kehijau-hijauan.

Setelah pos kedua, anda bisa menemukan pos ketiga di sebelah persimpangan (pertigaan) dan dinamakan Panyancangan Kuda. Nantinya ada plang penunjuk arah dengan arah ke kiri menuju lokasi air panas, Kandang Badak dan Puncak Gede, sedangkan arah kanan menuju ke curug Cibeureum dan puncak Pangrango.

Dari persimpangan tersebut, anda pilih arah kanan dengan waktu tempuh menuju curug sekitar seperempat jam.

Fasilitas di Curug Cibeureum

Fasilitas yang ada di kawasan Curug Cibeureum diantaranya tempat makan, wc umum, parkir mobil dan motor, telepon umum, penginapan dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum Cibodas

Curug Cibeureum Cibodas buka mulai jam 08.00 -17.00 WIB. Untuk biaya retribusi masuk ke Curug Cibeureum adalah Rp 15.000 per orang. Tapi sebelumnya juga dikenakan biaya Rp 2.000 per orang untuk bisa masuk ke Kebun Raya Cibodas.