12 Tempat Wisata di Probolinggo yang Paling Terkenal

12 Tempat Wisata di Probolinggo yang Paling Terkenal - Probolinggo merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kawasan Probolinggo yang dikelilingi sederetan pegunungan diantaranya ada Gunung Tengger, Gunung Semeru dan Gunung Argopuro menjadikannya memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang indah dan menarik dikunjungi.

Kota berjulukan "Kota Seribu Taman" ini menyimpan sejumlah tempat wisata menarik, salah satu wisata yang paling terkenal dan mendunia adalah wisata Gunung Bromo. Tapi tidak hanya itu saja, masih ada banyak objek wisata lainnya di Probolinggo yang wajib anda kunjungi. Nah, penasaran apa saja sih tempat wisata tersebut.

Berikut rangkuman tempat wisata di Probolinggo yang paling terkenal:


1. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata Probolinggo yang sudah dikenal luas baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Gunung aktif yang memiliki ketinggian 2.392 mdpl ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bagi anda pecinta wisata alam, Gunung Bromo dapat menjadi salah satu tempat wisata favorit karena menawarkan alam yang mempesona, hamparan pasir dan udara dingin pegunungan. Selain itu, momen yang tak boleh dilewatkan disini yaitu melihat sunset dan sunrise yang menawan.

Gunung Bromo terletak di Jawa Timur dan mencakup empat wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

2. Pantai Bentar

Pantai Bentar
Pantai Bentar
Pantai Bentar merupakan salah satu wisata andalan selain Gunung Bromo. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang mempesona. Selain bisa menikmati pemandangan pantai, di pantai ini anda bisa melihat Hiu Tutul jika beruntung. Pantai Bentar berlokasi di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

3. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro
Gunung Argopuro
Gunung Argopuro memiliki tinggi 3.088 mdpl daqn merupakan gunung yang sudah tidak aktif. Di kalangan wisatawan, Gunung ini dikenal cukup angker karena menyimpan legenda Dewi Rengganis yaitu putri Prabu Brawijaya.

Meski dikenal angker, namun Gunung Argopuro tetap menjadi tempat favorit penyuka pendaki karena suasana alam pegunungan yang indah dan menantang. Pendakian ke Gunung Argopuro akan melewati sebuah danau rawa dan padang rumput yang menawan.

Gunung Argopuro masuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.

4. Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang
Gili Ketapang merupakan sebuah desa dan pulau kecil yang ada di selat Madura. Gili Ketapang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur. Di pulau ini, anda akan disuguhi pemandangan pantai berpasir putih dengan laut birunya yang eksotik.

5.  Ranu Segaran

Ranu Segaran
Ranu Segaran
Ranu Segaran merupakan bekas kawah yang terisi oleh air sehingga menjadi danau. Selain bisa melihat danau, disini anda juga bisa menikmati pemandangan hutan dan pegunungan yang asri dengan udara sejuk. Ranu segaran berlokasi di Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

6. Candi Jabung

Candi Jabung
Candi Jabung
Candi Jabung yang berlokasi di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo ini merupakan sebuah candi Hindu yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit. Candi terbuat dari batu bata merah dan kondisinya masih terawat hingga sekarang. Tempat wisata di Probolinggo yang satu ini cocok bagi anda yang menginginkan wisata sejarah.

7. Air Panas Desa Tiris

Air Panas Desa Tiris
Air Panas Desa Tiris
Pemandian air panas ini lokasinya tidak terlalu jauh dari danau Ranu Segaran hanya berjarak 200 meter. Sama seperti pemandian air panas Pacet di Mojokerto, air panas Desa Tiris juga mengandung belerang dan airnya jernih. Sambil berendam air panas, disini anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang masih asri.

8. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura termasuk bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Panorama air terjun ini sangat indah dengan dikelilingi tebing yang menjulang tinggi sekitar 200 meter. Air terjun Madakaripura berlokasi di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

9. Arung Jeram Sungai Pekalen

Arung Jeram Sungai Pekalen
Arung Jeram Sungai Pekalen
Sungai Pekalen di Probolinggo ini sangat cocok bagi anda yang hobby arung jeram. Sungai Pekalen mengalir melalui 3 Kecamatan yakni kecamatan Tiris, Maron dan Gading. Lokasi arung jeram di Sungai Pekalen terbagi menjadi 3 zona yang mampu menguji adrenalin.

10. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu
Danau Ronggojalu
Danau Ronggojalu berlokasi di Desa Tegalsiwalan, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Selain digunakan sebagai sarana irigasi, Danau Ronggojalu juga dijadikan obyek wisata bagi warga sekitar Probolinggo. Di danau ini terdapat fasilitas seerti kolam anak, penyewaan ban untuk renang, warung makan dan lainnya. Danau Roggijalu cocok untuk wisata keluarga.

11. Perkebunan Teh Andung Biru

Perkebunan Teh Andung Biru
Perkebunan Teh Andung Biru
Disini menawarkan suasana segar dan hijau perkebunan teh. Anda bisa menikmati aroma daun teh sambil memandang alam yang indah. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa ikut memetik daun teh dan melihat proses pembuatan teh sehingga bisa diminum. Perkebunan Teh Andung Biru berlokasi di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Kunjungi juga: 12 Tempat Wisata di Kediri yang Paling Menarik

12. Beejay Bakau Resort (BJBR)

Beejay Bakau Resort
Beejay Bakau Resort
BJBR atau juga dikenal Mangrove Beejay Bakau Resort merupakan kawasan wisata hutan bakau seluas 5 hektar yang letaknya berada di pesisir pantai Mayangan. BJBR ini salah satu tempat wisata favorit di Probolinggo. Disini, anda bisa berjalan menyusuri hutan mangrove melalui jalan setapak buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Suasananya yang segar dan asri semakin menambah kenyamanan saat berkunjung kesini. Beejay Bakau Resort berlokasi di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur.