8 Wisata Kuliner Khas Kediri yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner Khas Kediri - Kota kecil di provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan Paris-nya Indonesia ini memang menyimpan sejumlah pesona. Tak hanya pada wisata alamnya saja yang menarik untuk dikunjungi, rupanya Kediri juga memiliki banyak kuliner khas yang enak dan cukup terkenal.

Mungkin jajanan kuliner khas Kediri yang populer adalah Tahu Takwa, tapi tak hanya itu saja yang menjadi andalan Kediri. Banyak kuliner lainnya yang bisa anda coba dan nikmati untuk memuaskan lidah. Nah, Ingin tahu? apa saja kuliner khas Kediri tersebut?

Berikut daftar wisata kuliner khas Kediri yang wajib dicoba:


1. Soto Depot Podjok

Soto Kediri
Soto Kediri
Memang ada banyak sekali makanan soto di Kediri, tapi salah satunya yang terkenal adalah Soto Ayam Depot Podjok yang ada di jalan Dhoho. Kuah soto disini gurih dan disajikan dengan potongan ayam suwir.

2. Tahu Takwa

Tahu Takwa Kediri
Tahu Takwa
Dikenal dengan sebutan Kota Tahu, tentunya anda bisa menjumpai banyak tahu di Kediri. Salah satu yang terkenal yaitu Tahu Takwa atau juga dikenal dengan tahu kuning. Jika anda tertarik untuk mencoba rasa tahunya, bisa menuju ke jalan Trunojoyo atau ke toko pusat oleh-oleh (POO) di jalan Yos Sudarso.

3. Nasi Pecel Tumpang

Nasi Pecel Tumpang Kediri
Nasi Pecel Tumpang Kediri
Kuliner yang satu ini favorit saya. hehe. Selain harganya terbilang murah rasanya juga enak. Ada banyak penjual nasi pecel tumpang di Kediri salah satunya di Jalan Dhoho. Nasi pecel tumpang di disini disajikan dengan daun pisang yang ditambah aneka lalapan sayur serta peyek yang kemudian disiram sambal tumpang.

Lihat juga: 14 Tempat Makan Enak di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

4. Sate dan Keripik Bekicot

Sate Bekicot
Sate Bekicot
Bagi anda yang suka sate bekicot atau sate 02, di Kediri juga ada salah satunya di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Sate bekicot disini terkenal enak dan tidak amis. Untuk satu porsinya berisi 50 tusuk yang kemudian disiram sambal kacang. Selain itu, ada juga keripik bekicot.

5. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang
Gethuk Pisang
Kuliner Kediri yang satu ini juga biasa dibeli untuk oleh-oleh. Anda bisa menemukannya di sepanjang jalan Dhoho. Jajanan khas Kediri yang diolah dari pisang ini memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan legit. Gethuk Pisang dibentuk seperti lontong yang dibungkus daun pisang.

6. Sate Emprit

Sate Emprit
Sate Emprit
Tahukah anda Emprit itu apa? Emprit itu burung yang bisa anda temui di sawah dan biasanya mencuri padi sehingga menjadi musuh para petani. Tapi jangan salah, di tangan masyarakat kediri, burung Emprit disulap menjadi Kuliner Khas. Anda bisa menjumpainya di jalan Wahidin. Perpaduan bumbu seperti garam, penyedap rasa, kacang serta kecap menjadikan rasa sate burung emprit lebih gurih.

7. Stik Tahu

Stik Tahu
Stik Tahu
Kuliner daerah Kediri yang diolah dari tahu lainnya yaitu Stik Tahu. Anda bisa menemukannya di pusat oleh-oleh jalan Yos Sudarso dan jalan Pattimura. Stik Tahu Kediri ini lembut tapi tetap renyah saat dimakan.

8. Sate Jamur

Sate Jamur
Sate Jamur
Tidak lengkap jika berkunjung ke Kediri tapi tidak mencoba Sate Jamurnya. Ada banyak penjual sate jamur di Kediri salah satunya di Desa Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kediri. Bumbu kacangnya yang kental ditambah sedikit perasan jeruk nipis menjadikan sate jamur disini terkenal enak.

Demikian rangkuman Tempatwisatajos mengenai wisata kuliner Kediri. Sambil menikmati aneka kulinernya, jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata di Kediri ya.