Punthuk Mongkrong Magelang, Tempat Asyik Menikmati Sunrise dan Sunset

Punthuk Mongkrong Magelang - Magelang di Provinsi Jawa Tengah menyimpan banyak sekali tempat wisata yang indah. Selain wisata Candi Borobudur, air terjun Kedung Kayang dan Punthuk Setumbu, masih ada satu lagi wisata baru Magelang yang menarik untuk dikunjungi yaitu Punthuk Mongkrong. Namanya mungkin masih terdengar asing di kalangan wisatawan, akan tetapi keindahan yang ditawarkan di wisata Punthuk Mongkrong ini tidak akan mengecewakan.

Lokasi Punthuk Mongkrong ini berada di ketinggian sekitar 624 mdpl. Dengan ketinggian seperti ini, tentunya Anda dapat menikmati indahnya pemandangan sunrise maupun sunset. Adanya landscape pegunungan Menoreh dan juga beberapa deretan Gunung yang menawan lainnya kian menambah cantik Punthuk Mongkrong.

Di puncak Punthuk Mongkrong ini sendiri, sebenarnya ada beberapa spot bagi pengunjung untuk menikmati sunrise. Tapi salah satu spot yang paling favorit ada di jembatan bambu berbentuk huruf V.

Lokasi Punthuk Mongkrong Magelang

Punthuk Mongkrong berlokasi di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jika dari Candi Borobudur berjarak sekitar 5 km.

Akses dan Rute Menuju Punthuk Mongkrong

Akses menuju Punthuk Mongkrong terbilang mudah karena jalannya yang sudah beraspal baik. Namun, jalan masuk ke punthuk Mongkrong tidak terlalu luas sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja. Sedangkan kendaraan mobil harus parkir di tempat yang agak jauh dari pos pendakian punthuk.

Untuk rutenya yaitu dari Candi Borobudur melewati jalan Badrawati lurus saja sampai menemukan perempatan Seganan di Desa Tuksongo. Dari perempatan tersebut belok ke kanan dan lurus sampai menemukan Balai Desa Karanganyar. Dari Balai Desa Karanganyar akan terdapat perempatan belok ke kiri sampai menjumpai Balai Desa Giritengah lalu belok kanan. Dari sini anda akan menyusuri jalan beraspal yang mulai menanjak dan menyempit. Setengah perjalanan akan ada jalan bercabang dimana ke arah kiri menuju Punthuk Mongkrong dan ke kanan menuju Punthuk Sukmojoyo. Pilih arah ke kiri dan ikuti jalan sampai tiba di tempat parkir objek wisata Punthuk Mongkrong. Setelah parkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan pendakian hingga sampai di puncak Punthuk Mongkrong.

Jika anda tertarik untuk datang ke Punthuk Mongkrong, disarankan membawa alat penerangan karena saat melewati jalur pendakian masih belum tersedia fasilitas penerangan yang memadai.
Keindahan Punthuk Mongkrong Magelang
Rumah Pohon di Punthuk Mongkrong

Fasilitas di Punthuk Mongkrong Magelang

Di kawasan wisata Punthuk Mongkrong Magelang didukung beberapa fasilitas diantaranya tempat duduk, gazebo, rumah pohon, jembatan bambu, spot foto selfie di tebing yang curam dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Magelang

Untuk bisa masuk ke wisata alam Punthuk Mongkrong, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 3.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.000.

Nah, itulah informasi Tempat Wisata Jos mengenai wisata Punthuk Mongkrong di Magelang. Jika ada tambahan info, silahkan komentar ya. Selamat liburan.