10 Wisata Kuliner Garut yang Wajib Dicoba

10 Wisata Kuliner Garut yang Wajib Dicoba - Selain terkenal dengan wisata alamnya, Garut juga terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Garut tanpa menikmati kuliner khasnya. Kota yang berada di provinsi Jawa Barat ini memiliki sejumlah wisata kuliner yang wajib anda coba. Penasaran? Apa saja kuliner tersebut?

Berikut daftar wisata kuliner Garut yang wajib dicoba.


1. Dodol

Dodol
Dodol
Dodol Garut adalah salah satu kuliner khas Garut yang terkenal. Dodol ini bisa anda jadikan buah tangan atau oleh-oleh khas garut saat anda berkunjung ke Garut. Ada banyak varian rasa yang bisa anda pilih.

2. Es Goyobod

Es Goyobod
Es Goyobod
Es goyobod dibuat dari tepung kanji, yang dicampur dengan agar-agar, alpukat, sirop dan es. Anda bisa menemukan penjual Es goyobod di Garut di dekat alun-alun Garut.

3. Soto Garut

Soto Garut
Soto Garut
Soto Garut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto-soto di daerah lain. Soto Garut ini juga diberikan irisan ayam, potongan telur, kecambah, bawang goreng dengan kuah yang gurih khas soto garut.

4. Pasar Ceplak

Pasar Ceplak
Pasar Ceplak
Di pasar Ceplak Garut ini, anda bisa menemukan beraneka kuliner khas Garut yang enak dan lezat seperti dodol, gegetuk, mayang, sate, martabak, soto dan lainnya. Pasar Ceplak selalu ramai pengunjung karena merupakan pusat kawasan wisata kuliner Garut.

5. Chocodot

Chocodot
Chocodot
Chocodot merupakan salah satu oleh-oleh khas Garut yang wajib anda coba. Tak seperti coklat pada umumnya karena di dalam Chocodot ini ada dodol.  Ada berbagai varian rasa Chocodot diantaranya rasa jeruk, strawberry, sirsak, melon, nangka dan durian.

6. Emplod

Emplod
Emplod
Emplod juga biasa disebut Endog lewo karena bentuknya yang bulat seperti endog (bahasa Sunda) atau telur (bahasa Indonesia) dan pembuatannya di kampung Lewo. Emplod ini dibuat dari bahan dasar singkong lalu diolah sedemikan rupa.

7. Burayot

Burayot
Burayot
Burayot, dalam bahasa Sunda, artinya bergayut atau  bergantung. Burayot terbuat dari tepung beras, gula merah dan garam. Rasanya manis dan renyah.

8. Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk berasal dari daerah Cibiuk, kabupaten Garut. Yang membedakan sambal Cibiuk di Garut dengan sambal di daerah lainnya adalah bahan yang digunakannya. Sambal Cibiuk dibuat dari bahan tomat hijau, serawung, cabai rawit, serta sejumlah bumbu-bumbu lainnya. Meski terasa pedas di lidah, tapi sambal Cibiuk tidak menyebabkan rasa panas di perut.

9. Pindang Ikan

Pindang Ikan
Pindang Ikan
Ikan pindang di Garut ini tidak berbeda jauh dari daerah lain tapi ada yang berbeda yaitu cara pengolahannya. Anda bisa ke daerah Cikajang, Cisurupan, dan Cihideung untuk menikmati pindang ikan khas Garut ini.

10. Ladu Malangbong

Ladu Malangbong
Ladu Malangbong
Ladu ini dibuat dari beras ketan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu kuliner khas serta rasanya berbeda dengan makanan lainnya. Makanan Ladu ini pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Malangbong Garut.

Baca juga : 7 Wisata Kuliner Cianjur