Inilah Lokasi dan Rute Menuju Bukit Ongakan Kediri

Bukit Ongakan Kediri - Setelah terjadinya erupsi Gunung Kelud di Kediri sekitar pertengahan Februari 2014 yang lalu, rupanya menyisakan sejumlah keindahan alam yang masih tersembunyi. Salah satu keindahan alam tersebut adalah Bukit Ongakan atau juga dikenal dengan nama Bukit Kura-Kura Ongakan. Nama Ongakan ini diambil dari bahasa Jawa "mengongak" yang berarti melongok atau melihat. Ya, Konon katanya tempat ini dahulunya itu digunakan sebagai tempat untuk melihat aktifitas Gunung Kelud.

Lokasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 860 mdpl sehingga suasana alamnya masih alami dengan pemandangan bukit berjajar yang mirip seperti punggung kura-kura. Tak hanya itu, anda juga dapat berfoto selfie dari puncak Ongakan dengan latar belakang pemandangan yang indah. Pemandangan indah tersebut adalah puncak Gunung Kelud dan juga Waduk Selorejo di Kab. Malang.

Dengan biaya tiket masuk yang terbilang murah, maka tidak heran jika tempat wisata di Kediri yang satu ini cukup ramai dikunjungi terlebih saat hari libur. Lalu, dimana lokasi Bukit Kura-Kura Ongakan ini?

Lokasi Bukit Ongakan Kediri

Bukit Ongakan berada di lereng sebelah utara Gunung Kelud tepatnya di Desa Besowo Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jika dari pusat pemerintahan Kabupaten Kediri berjarak sekitar 37 km.

Akses dan Rute Menuju Bukit Ongakan

Akses menuju Bukit Ongakan terbilang cukup sulit dan melelahkan karena harus berjalan sekitar 100 meter dari tempat parkir. Namun tidak masalah, karena rasa lelah tersebut akan terbayarkan saat sudah tiba di lokasi dan melihat keindahan serta suasananya yang sejuk.

Untuk rute ke Bukit Ongakan yaitu:
Dari Simpang Lima Gumul (SLG) menuju arah Gurah lurus ke arah kecamatan Puncu atau Kepung. Jika dipetakan seperti berikut SLG – Gurah – Puncu – Kepung – Siman – Besowo – Bukit Ongakan.
Air terjun Gajah Mungkur
Air Terjun Gajah Mungkur

Fasilitas di Bukit Ongakan

Di kawasan wisata Bukit Onga'an tersedia beberapa fasilitas diantaranya area parkir, warung makan, gazebo, musholla, toilet dan lainnya. Ada beberapa spot yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Bukit Ongakan yaitu:

  • View Bukit Ongakan
  • View Bukit Kura-kura
  • Selfie di Pohon Cinta
  • Air terjun Gajah Mungkur
  • Tebing Parang Putih

Hutan Pinus di Bukit Ongakan

Saat anda perjalanan menuju puncak Ongakan, anda akan menjumpai hutan pinus yang sudah mati akibat letusan Gunung Kelud. Namun beberapa dari pohon pinus ini sudah ada yang mulai tumbuh bersemi kembali. Lokasi hutan pinus mati ini menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto-foto.
Pintu Masuk Bukit Ongakan Kediri
Loket Masuk Bukit Ongakan Kediri

Harga Tiket Masuk Bukit Ongakan Kediri

Untuk bisa masuk dan menikmati wana wisata Bukit Ongakan, pengunjung hanya perlu membayar:

  • Biaya tiket masuk Rp 5.000
  • Biaya parkir kendaraan Rp 3.000
  • Selfie Deck di Pohon Cinta Rp 2.500

Nah, itulah sedikit info mengenai lokasi dan rute menuju Bukit Ongakan yang hits akhir-akhir ini. Apakah anda tertarik untuk datang kesana?