Pesona Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng Brebes

Pesona Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng Brebes - Kawasan Telaga Ranjeng berada di bawah kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Pandansari, Kec. Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Telaga ini dibangun tahun 1924 dengan luas sekitar 48,5 hektar dan termasuk bagian dari kawasan cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur.

Selain memiliki udara yang sejuk karena disuguhi pemandangan alam hutan lindung yang hijau, daya tarik Telaga Ranjeng Brebes ini juga terdapat pada keunikannya yaitu adanya habitat ribuan ekor lele dan ikan nila raksasa.
Cagar Alam Telaga Ranjeng Brebes
Cagar Alam Telaga Ranjeng Brebes

Keindahan Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng Brebes

Di Telaga Ranjeng para pengunjung bisa menikmati kesegaran udara yang masih alami sambil bermain air. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kekayaan flora dan fauna yang ada di sekitar telaga tersebut. Disini, anda akan menjumpai ikan lele, ikan nila, elang bido, burung bangau hitam, dan masih banyak hewan-hewan lainnya.

Mitos Telaga Ranjeng Brebes

Konon dahulu Telaga Ranjeng merupakan tempat mandi para tokoh kerajaan di Pulau Jawa. Selain itu, ikan lele yang ada juga dikeramatkan karena dianggap sebagai penghuni telaga. Ikan lele di Telaga Ranjeng tidak boleh diambil karena menurut cerita warga setempat pernah ada seorang wisatawan yang mengambilnya namun setibanya dirumah orang tersebut sakit-sakitan dan baru sembuh setelah mengembalikan ikan lele tersebut.
Wisata Cagar Alam Telaga Ranjeng Brebes
Danau Telaga Ranjeng Brebes
Namun tahun 2010 ikan lele tersebut menghilang dan tidak ada yang tahu kemana hilangnya karena tidak mungkin ulah manusia mampu mengambil ikan lele yang jumlahnya ribuan dan tidak juga ditemukan mayat ikan lele di sekitar danau. Akibatnya banyak versi cerita yang berkembang mengenai hilangnya ikan lele di Telaga Ranjeng ini.

Benar atau tidaknya cerita tersebut, Telaga Ranjeng bisa menjadi aset wisata yang punya daya tarik tersendiri sehingga patut untuk dikembangkan.

Lokasi dan Akses ke Cagar Alam Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju ke wisata cagar alam telaga ranjeng dapat ditempuh dari kota purwokerto dengan rute ajibarang sejauh 20 km mengikuti jalur utara, kemudian belok kanan di pertigaan kecamatan paguyuban yang ada sebelum Bumiayu. Ada baiknya anda menggunakan kendaraan yang berkondisi baik karena meski jalannya beraspal tapi cukup terjal dan menanjak.

Harga Tiket Masuk Telaga Ranjeng Brebes

Harga tiket masuk ke Telaga Ranjeng Brebes gratis hanya membayar biaya parkir sebesar Rp 2000 saja per-kendaraan.