Keindahan Embung Kleco Kulon Progo Yogyakarta

Keindahan Embung Kleco Kulon Progo Yogyakarta - Di daerah Kulon Progo, ada sebuah objek wisata baru yang menarik untuk dikunjungi yaitu Waduk Mini Kleco atau juga dikenal dengan Embung Kleco. Meski tidak sebesar Waduk Sermo, di Embung Kleco anda bisa menikmati keindahan Kulon Progo dari ketinggian dengan hamparan pohon-pohon dan bukit.

Selain itu, Embung di perbukitan Menoreh ini juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat sunset. Bagi pecinta fotografi, pemandangan seperti ini jarang ditemukan di daerah wisata lain. Hawanya yang sejuk ditambah suara binatang khas pegunungan membuat suasana semakin tenang. Embung Kleco di Kulon Progo ini ramai dikunjungi orang terlebih saat hari libur.

Keindahan Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Di Embung Kleco, anda dapat melihat hamparan pohon – pohon dan bukit dari atas waduk. Saat pagi hari bisa melihat birunya langit dan pemandangan gunung berapi. Sedangkan di sore hari, bisa menikmati pemandangan sunset yang mempesona.

Ketika berada di atas bukit pandangan mata akan lebih leluasa lagi melihat luasnya keindahan yang ditawarkan. Anda bisa melihat luasnya Kota Wates dan garis pantai Selatan di sisi Selatan, perbukitan Menoreh di sebelah barat, Kota Yogyakarta di sebelah timur dan Kota Magelang di sebelah timur laut. Tak hanya itu, Gunung Merapi pun juga terlihat menghiasi cakrawala disaat sore hari.

Alamat Embung Kleco

Waduk Kleco atau Embung Kleco berlokasi di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Waktu terbaik berkunjung ke waduk ini adalah saat pagi hari karena kawasan di bawah waduk ini masih diselimuti kabut tipis dengan langit biru dan penampakan Gunung Merapi di kejauhan. Jangan lupa juga untuk membawa bekal sebab di sekitar lokasi masih belum ada warung penjual makanan.
Embung Kleco Kulon Progo Yogyakarta

Rute Menuju Embung Kleco Kulon Progo

Akses menuju obyek wisata ini terbilang mudah berikut rute yang bisa anda pilih:
  • Dari kota Yogyakarta : kota Jogja – Jln. Godean – sungai progo – Jln. Nanggulan – Janti-pertigaan belok kanan – balai desa Girimulyo – sebelum Jln. kiskendo belok kiri dan ikuti jalan sampai ke dusun ngesong.
  • Dari sentolo : Jln.sentolo – nanggulan – Janti pertigaan belok ke kiri ambil arah girimulyo – sebelum Jln. Kiskendo belok kiri dan ikuti jalan sampai dusun ngesong.
  • Dari Tugu Jogja : Tugu Jogja ke arah barat menuju Jln. Kyai Mojo - dari perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus saja - Jln. Godean - Pasar Godean, lurus - sampai di perempatan Nanggulan belok kiri - pertigaan Janti atau Puskesmas belok kanan ke arah Girimulyo - pertigaan pohon beringin, lurus - Pasar Sribit - ada pertigaan Terminal Sribit belok kiri - kantor Polsek Girimulyo - Poskesdes Girimulyo, ambil jalan tengah - Waduk Mini Kleco.

Fasilitas di Embung Kleco Kulon Progo

Fasilitas yang ada di Embung Kleco ini masih minim, tapi untuk fasilitas umum seperti kamar mandi sudah tersedia.

Harga Tiket Masuk Embung Kleco Kulon Progo

Pengelolaan Waduk Mini Kleco masih dipegang oleh karang taruna dari 3 dusun yaitu dusun Ngesong, Banjaran, dan Penggung. Belum ada biaya retribusi masuk ke Embung Kleco sehingga pengunjung cukup membayar biaya parkir Rp 2.000.