Wisata Gua Maharani Lamongan Jatim yang Menakjubkan

Wisata Gua Maharani Lamongan Jatim yang Menakjubkan - Gua Maharani merupakan salah satu destinasi wisata populer di Lamongan. Goa ini berada di kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Gua Maharani berada di kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dan memiliki rongga seluas 2500 meter persegi.

Gua Maharani memiliki keindahan alam yang unik daripada goa wisata lain yang ada di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari stalagtit dan stalagmit di goa Maharani ini yang masih bertumbuh dan memancarkan cahaya warna-warni yang indah saat terkena cahaya.

Obyek Wisata Gua Maharani Lamongan

Ketika mengunjungi wisata gua maharani dan masuk ke dalam gua, anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Di dalam Goa terdapat gugusan-gugusan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk ratusan tahun yang lalu yang sangat indah. Hal inilah yang membuat wisata gua Maharani Lamongan berbeda dari gua-gua lainnya. Saat berada di dalam Goa, anda akan mendengar suara musik dan kipas angin yang memang sengaja di pasang oleh pengelola wisata Gua Maharani untuk kenyamanan pengunjung.

Lokasi Gua Maharani

Gua Istana Maharani berlokasi di tepi jalan raya Gresik – Tuban yakni tepatnya di Tanjung Kodok, Paciran, Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Akses ke Gua Maharani Lamongan

Untuk mencapai objek wisata Gua Maharani ini sangat mudah. Bila anda memulai perjalanan dari Surabaya, maka Anda langsung dapat menuju Lamongan kurang lebih 70 km dengan waktu sekitar 2 jam menggunakan transportasi umum seperti bus atau kendaraan pribadi.
Gua Maharani Lamongan
Gua Maharani Lamongan

Sejarah Gua Maharani Lamongan

Goa ini dahulunya ditemukan secara tidak sengaja oleh 6 penggali tanah pada tanggal 6 Agustus 1992 dan diresmikan sebagai tempat wisata oleh Bupati Lamongan tanggal 10 Maret 1994.

Konon katanya, saat sebelum goa itu ditemukan, istri Sunyoto yang merupakan istri dari mandor penambang fosfat bermimpi melihat bunga-bunga yang bercahaya sangat indah dan dijaga oleh dua ekor naga raksasa. Mimpi tersebut akhirnya dianggap sebagai wangsit sebelum para penggali tambang menemukan goa. Dari mimpi tersebut, Sunyoto mengusulkan kepada Bupati Lamongan agar goa yang ditemukannya itu diberi nama Goa Istana Maharani. Hal ini karena keindahan yang tampak dari stalaktit dan stalagmit (gugusan batuan kapur pada langit-langit dan lantai goa) dianggap menyerupai keindahan istana.
Gua Maharani Lamongan Jawa Timur
Gua Maharani Lamongan Jawa Timur

Fasilitas dan Akomodasi

wisata Gua Maharani menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan para pengunjung. Fasilitas tersebut diataranya adalah tempat ibadah, klinik, ATM, kamar mandi, tempat khusus menyusui, tempat parkir yang luas, toko souvenir, dan warung penjual makanan.

Harga Tiket Masuk Gua Maharani Lamongan

Objek wisata Gua Maharani buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB.
Harga tiket masuk untuk hari Senin - Kamis Rp 25.000,-/orang dan hari Jumat - Minggu Rp 30.000,-/orang.